Langsung ke konten utama

Ini yang Harus Kamu Lakukan Saat Ada yang AFK



Saat sedang bermain Mobile Legends dan ada teman kamu yang AFK, tentu sangat mengesalkan dan bisa saja berimbas pada kekalahan tim mu. Apalagi saat sedang bermain ranked, dan dampaknya bisa membuatmu kehilangan bintang. AFK tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, biasanya karena masalah sinyal, HP mengalami lag, dan bahkan ada saja pemain yang AFK dengan sengaja. Saat seorang pemain melakukan AFK, sistem secara otomatis akan memberikan penalty / hukuman berupa pengurangan credit score. Jika credit score berada dibawah 80 poin maka pemain tersebut tidak bisa bermain ranked dan harus menaikkan credit scorenya sedikit demi sedikit. Meskipun tindakan AFK tersebut sangat merugikan bagi tim, namun jangan kesal dulu dan malah ikut-ikutan AFK. Ada cara yang bisa dipakai untuk bisa tetap meraih kemenangan meskipun ada temanmu yang AFK. Apa saja ya? Silahkan simak dibawah ini.

Ubah formasi
Ubah formasimu yang awalnya 2-1-2 (2 atas, 1 tengah, 2 bawah) menjadi 1-2-1 (1 atas, 2 tengah, 1 bawah). 2-1-2 merupakan formasi yang umum digunakan. Saat ada salah satu yang AFK, sebisa mungkin fokus untuk membantu yang berada di lane tengah (mid lane), dan yang berada di lane atas dan bawah harus fokus mempertahankan turret. Mempertahankan turret disini berarti cukup mengalahkan minion yang hampir mendekati turret saja, dan tahan diri untuk tidak terpancing lawanmu. Untuk 2 hero yang berada di lane tengah, harus bisa berbagi tugas. Yang satu fokus membersihkan minion dan yang satunya lagi fokus mendapatkan buff.

Pastikan yang AFK tetap diam di base
Pastikan temanmu yang AFK tetap diam di base utama, jangan membuat dia untuk mengikutimu. Saat temanmu ada yang AFK biasanya akan ada pilihan untuk membuat dia tetap diam di base atau mengikutimu dalam pertarungan. Seringkali pemain Mobile Legends yang masih pemula memilih opsi kedua. Mereka mengira dengan membuat pemain AFK tetap mengikutinya akan memudahkan dalam mendapatkan kill dengan bantuan si AFK tersebut. Namun hal itu salah besar karena pemain AFK yang digerakkan oleh sistem justru tidak banyak membantu, dan hanya akan menjadi sasaran empuk bagi lawanmu. Hal ini tentu akan merugikan tim mu karena setiap kali lawanmu mengalahkan si AFK maka poin nya akan terus bertambah banyak. Dan item mereka akan cepat terbeli. Bukankah akan menjadi semakin buruk jika tim mu yang sudah kalah jumlah, malah kalah juga dalam hal damage?

Ciduk hero lawanmu
Saat permainan sudah berlangsung cukup lama, tim mu boleh mulai melancarkan serangan kepada lawan, namun harus tetap waspada karena jumlah tim mu lebih sedikit dibandingkan lawanmu. Cara yang cukup aman adalah dengan menciduk hero lawanmu. Kamu bisa memperhatikan dulu hero lawanmu yang cenderung agak jauh dari tim nya, lalu lakukan gank (serang ramai-ramai) hero tersebut. Cara ini lumayan efektif, namun biasanya lawan akan menjadi lebih hati-hati setelah terkena ciduk.

Hindari war
Sebisa mungkin jangan terlibat war. Selain karena jumlahmu yang tidak menguntungkan, juga hal ini mungkin saja hanya sebatas pengalih perhatian oleh lawanmu. Saat sedang terjadi war bisa saja ada 1 hero lawanmu yang melakukan push turret. Dan jika ada salah satu hero tim mu yang kalah saat war, maka bisa dipastikan tim mu akan Wiped Out, dan berujung kekalahan. Jangan ladeni lawanmu dan jangan terpancing untuk melakukan war, kecuali jika war tersebut terjadi di wilayah yang sangat dekat dengan turretmu.

 Melakukan Report
Lakukan report kepada pemain yang AFK setelah selesai permainan. Pemain yang AFK memang secara otomatis credit score nya akan dikurangi oleh sistem. Dan jika ada pemain lain yang me-report pemain AFK tersebut, maka credi score nya akan dikurangi lebih banyak lagi. Lakukan hal ini untuk setidaknya memberi pelajaran bagi pemain AFK tersebut agar lebih serius lagi dalam bermain. Report tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol berwarna merah [!] di pojok kanan atas lalu pilih Idling / Going offline. Untuk deskripsinya tuliskan “This player has been AFK during the match”. Terkadang kita hanya asal me-report pemain saja tanpa mengisi bagian deskripsinya, padahal hal itu termasuk penting. Report yang berisi deskripsi yang jelas akan lebih ditanggapi oleh pihak Moontoon daripada report tanpa deskripsi sama sekali.



(khusus untuk ranked) Lakukan invalid
Invalid dapat dilakukan sebagai cara agar bintangmu tidak hilang saat bermain ranked jika ada anggota tim mu yang AFK. Kondisi untuk mencapai invalid tersebut lumayan sulit sih, dan harus ada kekompakan sesama anggota tim. Namun jika berhasil, kamu bisa memaksa untuk mengakhiri pertandingan ranked tersebut dengan hasil kedua pihak tidak mengalami penambahan / pengurangan bintang. Cara untuk melakukan invalid bisa kamu baca di artikel Cara Agar Tidak Kehilangan Bintang Saat Kalah Ranked.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Mendapatkan Skin Hilda - Sacred Guard Secara Gratis

Seperti yang kamu tau, skin Hilda : Sacred Guard tersebut merupakan reward dari Mentoring Program . Terkadang banyak pemain yang masih bingung, atau malah tidak sadar kalau ada fitur tersebut. Dalam Mentoring Program , ada istilah Mentor dan Apprentice . Mentor berarti pemain yang sudah berpengalaman, dan Apprentice berarti pemain pemula / masih baru. Mentoring Program dikhususkan bagi para pemain yang sudah lumayan lama bermain untuk mengajarkan kepada pemain pemula tentang hal-hal dasar dalam Mobile Legends. Hal ini dimaksudkan agar pemain lama dan pemain baru tersebut bisa bermain bersama. Dan setiap kali mentor dan apprentice bermain bersama, akan ada reward tersendiri yang terbuka. Ada 5 stage yang harus diselesaikan, dan setiap stage memiliki tugas sendiri-sendiri. Setiap kali berhasil menyelesaikan stage, maka mentor point mu akan bertambah, mentor level mu akan perlahan naik sesuai jumlah mentor point mu. Dan saat mentor levelmu sudah mencapai level 5, maka kamu akan mendap

Cara Agar Tidak Kehilangan Bintang Saat Kalah Ranked Mobile Legends

invalid ranked Saat bermain ranked mobile legends tentu yang kamu incar pasti kemenangan tim yang akan menaikkan bintang dan akan mempengaruhi pencapaian tier mu. Memang untuk tier Warrior sampai Grandmaster masih mudah untuk winstreak karena lawanmu pun pastinya masih banyak yang pemain pemula. Pada tier tersebut juga belum diberlakukan sistem draft-pick atau sistem banning-hero. Barulah pada tier Epic sampai Mythic mulai diberlakukan sistem draft-pick yang dapat membatasi hero apa saja yang boleh digunakan dalam ranked. Kekalahan saat bermain ranked tentunya mengesalkan bukan? Karena bintang yang sudah susah-susah kamu dapatkan akan terbuang percuma, apalagi kalau kekalahan tersebut disebabkan karena ada anggota tim mu yang AFK . Namun hal itu bisa diatasi dengan melakukan Invalid , yang akan membatalkan paksa permainan sehingga baik tim mu maupun lawanmu akan keluar dari permainan tanpa mendapatkan / kehilangan bintang. Nah, bagaimana caranya untuk melakukan invalid? Si

5 Jenis Item pada Mobile Legends

Setelah membaca artikel tentang  Teknik Menyusun Item pada Mobile Legends dan memahami bagiamana cara menyusun item dengan tepat, sekarang akan dibahas mengenai jenis-jenis item / gear-set yang ada di Mobile Legends. Item-item tersebut dikelompokkan berdasarkan kecocokannya terhadap jenis hero. Apa saja item-item tersebut? Simak artikel berikut ini. Physical Untuk item jenis ini umumnya digunakan hero bertipe Fighter, Marksman, dan sebagian Assassin . Sebagian besar itemnya dapat meningkatkan Physical Damage (serangan fisik), Critical, Attack Speed (kecepatan serang), dan Life-steal. Physical Damage berarti serangan yang mengenai lawan secara langsung, entah itu dari jarak dekat maupun jauh. Damage dari serangan ini ditandai dengan warna merah pada angka damage nya. Critical berarti adanya peningkatan damage melebih damage yang biasanya dikeluarkan hero tersebut. Damage dari critical ditandai dengan adanya warna merah disertai panah keatas pada angka damage nya. Contoh he