Langsung ke konten utama

5 Jenis Item pada Mobile Legends


Setelah membaca artikel tentang Teknik Menyusun Item pada Mobile Legends dan memahami bagiamana cara menyusun item dengan tepat, sekarang akan dibahas mengenai jenis-jenis item / gear-set yang ada di Mobile Legends. Item-item tersebut dikelompokkan berdasarkan kecocokannya terhadap jenis hero. Apa saja item-item tersebut? Simak artikel berikut ini.

Physical
Untuk item jenis ini umumnya digunakan hero bertipe Fighter, Marksman, dan sebagian Assassin. Sebagian besar itemnya dapat meningkatkan Physical Damage (serangan fisik), Critical, Attack Speed (kecepatan serang), dan Life-steal.
Physical Damage berarti serangan yang mengenai lawan secara langsung, entah itu dari jarak dekat maupun jauh. Damage dari serangan ini ditandai dengan warna merah pada angka damage nya.
Critical berarti adanya peningkatan damage melebih damage yang biasanya dikeluarkan hero tersebut. Damage dari critical ditandai dengan adanya warna merah disertai panah keatas pada angka damage nya. Contoh hero yang memiliki critical tinggi adalah Helcurt.
Attack speed berarti kecepatan serang dari hero. Semakin tinggi poin attack speednya, maka semakin cepat pula hero tersebut menyerang dengan basic attack. Untuk hero bertipe Marksman biasanya menggunakan banyak item Attack Speed untuk meningkatkan kemampuan serangnya. Dan jika hero seperti Miya, Roger dan Karrie yang sudah memiliki attack speed tinggi bawaan dari skill menggunakan banyak item attack speed, maka akan menjadi sangat mematikan.
Pernahkan saat ada hero lawanmu yang nyawanya tinggal sedikit dan diserang banyak hero secara bersamaan, namun yang terjadi malah hero tersebut berhasil mengalahkan hero lain yang menyerangnya dan nyawanya menjadi penuh lagi? Itulah yang dinamakan Life steal. Life steal berfungsi untuk meningkatkan HP / nyawa heromu disaat hero tersebut sedang menyerang hero lawan. Life steal paling tepat dikombinasikan dengan item Attack Speed, karena semakin cepat heromu menyerang hero lawan maka akan semakin cepat pula nyawa heromu bertambah. Item ini sangat cocok untuk hero bertipe Marksman dan Fighter. Ada juga hero yang secara alami sudah memiliki kemampuan life steal, contohnya adalah Alucard dan Thamuz. Jika seorang pemain sudah pro menggunakan Alucard, bisa saja dia seorang diri sanggup melawan 2 sampai 4 lawan sekaligus, dengan kemampuan life steal yang bisa terus menambah nyawanya tanpa henti.


Magical
Untuk item jenis ini umumnya digunakan oleh hero bertipe Mage, dan sebagian Assassin. Item jenis ini berfungsi meningkatkan Magical Damage, dan memiliki berbagai efek tambahan seperti Spell Vamp, CD Reduction (mengurangi Cooldown), dan Mana Regen (regenerasi mana).
Magical damage merupakan damage yang dihasilkan oleh serangan sihir, biasanya serangan dari jarak jauh dan tidak memiliki kontak langsung dengan lawan. Damage yang dihasilkan dari serangan ini ditandai dengan warna ungu pada angka damagenya. Sebagian besar item ini memiliki fungsi untuk mengurangi cooldown (waktu tunggu untuk menggunakan skill), dan meningkatkan regenerasi mana. Bayangkan saja jika hero mage membutuhkan waktu yang sangat lama saat akan menggunakan skill dan boros dalam penggunaan mana. Pastinya tidak akan banyak berguna, bukan?
Ada juga sebagian item Magical yang dilengkapi kemampuan Spell Vamp. Spell Vamp bisa menambah nyawa heromu saat hero tersebut memberi damage ke lawan menggunakan skill. Hampir sama dengan Life steal, namun bedanya disini terletak pada jenis damage yang dihasilkan. Jika kemampuan menambah nyawa dari Life steal didapatkan dengan melukai lawan menggunakan basic attack, pada Spell vamp didapatkan saat melukai lawan dengan menggunakan skill.


Defense
Seperti Namanya, item bertipe defense merupakan item khusus untuk hero bertipe Tank. Umumnya item ini mampu meningkatkan ketahanan suatu hero, menambah HP, meningkatkan regenerasi HP, dan mengurangi damage yang diterima. Meskipun sebagian besar item ini berfungsi untuk meningkatkan pertahanan, namun ada beberapa item yang berfungsi untuk memberikan damage ke lawan dan membuat peran seorang Tank saat efektif disaat terjadi war. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan hero jenis Tank, maka dalam memilih item Defense pasti sudah paham proporsi antara item yang meningkatkan Armor dan item yang meningkatkan Magic Resistant. Tergantung hero apa saja yang digunakan lawanmu, antara item armor dan magic resistant harus seimbang agar saat terjadi war dimana semua jenis hero lawanmu berkumpul di satu tempat, kamu sudah siap untuk menjadi sasaran serangan, entah itu serangan Marksman ataupun Mage.
Item defense akan menjadi sangat efektif jika kamu bisa mengkombinasikannya dengan skill hero yang kamu pakai. Misalnya skill passive milik Johnson yang akan menciptakan shield  saat HP nya tinggal sedikit, dan shield tersebut dapat menyerap damage yang sangat besar bahkan sampai 700% dari total armor yang dimiliki. Atau Balmond yang memiliki kemampuan regenerasi sangat tinggi dapat dikombinasikan dengan item yang meningkatkan kemampuan regenerasi. Hal ini akan membuat Balmond sangat sulit untuk mati. Contoh lainnya adalah Hylos yang dikombinasikan dengan item yang dapat melambatkan lawan. Seperti yang kita tau, skill 2 dan skill ultimate milik Hylos yang memiliki efek slow saja sudah merepotkan. Apa jadinya jika efek slow itu juga ditambah dengan efek slow dari item? Tentu akan sangat membahayakan bagi lawan.


Movement
Item jenis Movement digunakan untuk meningkatkan Movement Speed dari hero yang kamu gunakan. Movement speed / kecepatan lari ini sangat penting untuk lari dari kejaran lawan, maupun untuk mengejar hero lawan. Sepatu / Boots ini bisa disesuaikan berdasarkan tipe hero yang kamu gunakan, misalnya untuk Marksman bisa menggunakan boots dengan tambahan Attack speed, untuk Mage menggunakan boots dengan tambahan Magical damage, untuk Tank menggunakan boots dengan tambahan Armor / Magic resistant, dan sejenisnya. Ada juga sepatu yang digunakan untuk menambah gold setiap kali heromu melakukan assist. Terhitung sampai update bulan November 2018 ini ada 8 jenis item Boots / Sepatu di Mobile Legends.
8 Boots itu antara lain (dari kiri ke kanan) Warrior Boots (meningkatkan armor), Tough Boots (meningkatkan magic resistant), Magic Shoes (mengurangi cooldown), Arcane Boots (meningkatkan magic penetration), Swift Boots (meningkatkan attack speed), Rapid Boots (movement speed paling tinggi dibandingkan sepatu lain), Wizard Boots (menambah 300 HP dan mendapatkan 80 gold setiap kali melakukan assist), Demon Shoes (menambah 30 mana regen dan mengembalikan 10% mana setiap kali mengalahkan hero lawan dan 4% setiap kali mengalahkan minion).



Jungle
Item Jungle berfungsi untuk mempermudah heromu mengalahkan monster buff. Item ini sangat berguna khususnya bagi hero Assassin di awal-awal permainan. Item ini dikelompokkan lagi menjadi 3 jenis, dan masing-masing jenis tersebut ada yang memiliki efek tambahan untuk meningkatkan Physical Damage, Magical Damage, dan Defense. Item ini juga dapat meningkatkan kemampuan battle spell Retribution milikmu. Retribution yang mendapatkan peningkatan damage tentu saja akan sangat memudahkanmu dalam mengalahkan monster buff, dan bahkan retribution yang sudah level-up ini juga dapat digunakan untuk memberikan damage ke hero lawan sekaligus melambatkan hero tersebut.


yosh .. cukup sekian yang dapat saya bahas, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.
"goodluck, have a Good Game, and don't abushing your teammates"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Mendapatkan Skin Hilda - Sacred Guard Secara Gratis

Seperti yang kamu tau, skin Hilda : Sacred Guard tersebut merupakan reward dari Mentoring Program . Terkadang banyak pemain yang masih bingung, atau malah tidak sadar kalau ada fitur tersebut. Dalam Mentoring Program , ada istilah Mentor dan Apprentice . Mentor berarti pemain yang sudah berpengalaman, dan Apprentice berarti pemain pemula / masih baru. Mentoring Program dikhususkan bagi para pemain yang sudah lumayan lama bermain untuk mengajarkan kepada pemain pemula tentang hal-hal dasar dalam Mobile Legends. Hal ini dimaksudkan agar pemain lama dan pemain baru tersebut bisa bermain bersama. Dan setiap kali mentor dan apprentice bermain bersama, akan ada reward tersendiri yang terbuka. Ada 5 stage yang harus diselesaikan, dan setiap stage memiliki tugas sendiri-sendiri. Setiap kali berhasil menyelesaikan stage, maka mentor point mu akan bertambah, mentor level mu akan perlahan naik sesuai jumlah mentor point mu. Dan saat mentor levelmu sudah mencapai level 5, maka kamu akan mendap

Cara Agar Tidak Kehilangan Bintang Saat Kalah Ranked Mobile Legends

invalid ranked Saat bermain ranked mobile legends tentu yang kamu incar pasti kemenangan tim yang akan menaikkan bintang dan akan mempengaruhi pencapaian tier mu. Memang untuk tier Warrior sampai Grandmaster masih mudah untuk winstreak karena lawanmu pun pastinya masih banyak yang pemain pemula. Pada tier tersebut juga belum diberlakukan sistem draft-pick atau sistem banning-hero. Barulah pada tier Epic sampai Mythic mulai diberlakukan sistem draft-pick yang dapat membatasi hero apa saja yang boleh digunakan dalam ranked. Kekalahan saat bermain ranked tentunya mengesalkan bukan? Karena bintang yang sudah susah-susah kamu dapatkan akan terbuang percuma, apalagi kalau kekalahan tersebut disebabkan karena ada anggota tim mu yang AFK . Namun hal itu bisa diatasi dengan melakukan Invalid , yang akan membatalkan paksa permainan sehingga baik tim mu maupun lawanmu akan keluar dari permainan tanpa mendapatkan / kehilangan bintang. Nah, bagaimana caranya untuk melakukan invalid? Si